14 Juni 2010

Aku tersenyum tenang walau hati menangis,,,

"Ku terbiasa tersenyum tenang, walau  a..a..aaaa..... hatiku menangis..... Kaulah cerita, tertulis dengan pasti..... Selamanya dalam pikiranku,  ho..ho..hohoho..... selamanya  a..a..aa....."

Begitulah lirik bait pertama Lagu Peterpan yang berjudul Walau Habis Terang seolah memahami keadaanku sekarang. Lalu aku dendangkan pula lirik yang ini:

"Biarkan semua, seperti seharusnya..... Takkan pernah, menjadi milikku...."
"Lupakan semua tinggalkan ini, ku kan tenang dan kau kan pergi....."

Hampir menetes air mataku kalau saja lirik terakhir lagu ini tak segera menyudahi kelarutanku meresapi lagu ini:

("Diantara beribu lainnya, kau tetap...kau tetap....kau tetap..... benderang  o... oo....")



Yah, begitulah lagu itu dinyanyikan (menurutku) dengan cukup baik oleh band yang berasal dari bandung tersebut. Rasanya baru kemarin aku menasehati temanku tuk tak mendengarkan lagu-lagu sedih ketika dia kecewa, karena itu akan membuatnya semakin terpuruk dan susah tuk bangkit lagi jika dia terlalu meresapi lagu-lagu sendu yang bisa saja membawa kondisi fikirannya sampai ke titik nadir terendah. Tapi, memang seperti itulah hidup. Kadang teori tentang sesuatu hal terasa jauh lebih mudah tuk diucapkan  daripada melakukan sendiri hal tersebut. Penasehatpun butuh dinasehati, itulah kodrat kehidupan yang aku pahami,,,

Sayangnya, banyak orang yang lupa bahwa penasehat itu juga butuh dinasehati. Mungkin mereka berfikir kalau sang penasehat tentulah orang yang kuat, yang bisa menghadapi permasalahannya sendiri, tak butuh bantuan orang lain. Ironi, sungguh terlalu,,,

Balik lagi ke keadaanku,,,
Ya, aku sedikit mengalami kekecewaan hari ini! Tapi sepertinya bukanlah kekecewaan yang mendalam karena aku pernah mengalami situasi yang lebih mengecewakan daripada ini (meski dalam hal yang berbeda). Ya, sedikit (atau mungkin banyak) aku kecewa hari ini atas ekspektasi yang berlebihan pada harapan yang kutanamkan dalam diriku yang tak cukup baik. Itulah mengapa aku justru menanamkan keinginan yang baik agar aku bisa jauh labih baik. Ya, aku ingin menjadi jauh lebih baik,,,

Tadinya aku berharap (sesuatu yang lebih baik) itu terjadi, tapi kenyataan sungguh begitu berbeda dengan keyakinan. Dan yang aku pelajari selama ini memang seperti itulah hidup, tak semuanya berdasar pada kehendak kita. Kadang terjadi defisiasi -semoga tulisannya tak salah- antara keinginan dan kenyataan, dan karena aku orang dewasa, maka mau tidak mau, rela tak rela, aku harus menerima, tuk kemudian menghadapi dan berharap berhasil melewati fase yang terbilang sulit ini,,,

Sulit, rasanya jarang sekali aku menggunakan kata-kata ini dalam keseharianku. Meski aku bukanlah pejuang yang tangguh, tapi aku terbiasa tuk mengikhlaskan semuanya, tanpa beban. Tapi yang satu ini, sepertinya kan sedikit mengganggu impian,,,

Terasa ingin sedikit menangis, menyesali apa yang telah terlalui. Tapi seperti biasa, air mata tak hendak keluar dari mataku yang sering berteman dengan debu jalanan ibukota negara. Ya, jarang sekali aku mengeluarkan air mata. Dari 23 tahun lebih aku menjalani hidupku, dalam sadarku baru tiga kali menitikkan air mata. Pertama, ketika masih kecil aku kehilangan teman yang juga sekaligus sepupuku karena dipanggil menghadap Alloh SWT, mungkin Tuhan tak hendak sepupuku itu dikotori oleh dosa-dosa dunia (seperti diriku) hingga Alloh SWT menyelamatkannya (dari dosa dunia). Kedua, ketika nenekku sakit keras karena aku telah terbiasa selalu bersama nenek yang sedari kecil lebih sering menjagaku (dan aku tak ingin kehilangan dia, meski suatu saat kan sampai juga waktu itu). Yang terakhir, ketika aku bener-bener dibuat kecewa (dan  mungkin inilah kekecewanan paling dalam yang pernah aku alami, semoga tak terjadi lagi) karena seseorang yang aku banggakan, yang aku teladani, yang banyak memberiku pelajaran hidup, semuanya bagiku ternyata tidak sesempurna yang aku ketahui. Dan ketika itu terjadi, maka alasan tak ada manusia yang sempurna selalu menjadi alibi. Sehingga kadang banyak orang yang terbiasa melakukan kesalahan karena berfikir mereka tak sempurna. Bagiku terasa mereka hanya mau memanfaatkan alasan itu saja atas ketakberdayaan meraka mengendalikan diri sendiri,,,

Yah, terasa cukup sudah aku menulis kali ini. Tak aku fikirkan lagi jika tulisan ini takkan menjadi berarti . Tak aku pedulikan pula jikalau struktur kata dan tata bahasa yang kutulis tak begitu baik. Yang penting aku hanya ingin menyampaikan maksudku, tuk sedikit bisa melegakan hatiku, semoga,,,

Ini bukanlah kekecewaan sedalam kecewa terdalam yang pernah aku alami,,,
Meski aku sangat kecewa atas harapan baik yang tak berakhir indah (bagiku),,,

Aku tersenyum tenang walau hati menangis,,,

4 komentar:

  1. AKU sanagt suka cerita kmu karena cerita kmu menyadarkan aku bahwa masalah yang ku alami bukan akhir segalanya

    BalasHapus
  2. terima kasih... memang dalam kehidupan kita kadang menghadapi riak, gelombang, jeram, bahkan mungkin badai... percaya kepada Tuhan, dia takkan menyia-nyiakan hamba yang berpegang teguh pada agama-Nya, Insya Allah,,,

    BalasHapus
  3. VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA

    Kami VIPQIUQIU99 AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA mengadakan SEO Kontes atau Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 20 Januari 2017 - 20 Mei 2017, dengan Total Hadiah Rp. 35.000.000,- Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini. Buktikan bahwa Anda adalah Ahli SEO disini. Saat yang tepat untuk mengetest kemampuan SEOAnda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 35.000.000,-

    Tunggu apa lagi?
    Kontes SEO ini akan menggunaka kata kunci (Keyword) VIPQIUQIU99.COM AGEN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, silahkan daftarkan web terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama Rp. 10.000.000. Keputusan untuk Pemenang Akan di tentukan dengan aturan kontes SEO yang dapat dilihat di halaman ini.

    Tunggu apa lagi? Ikuti kontes ini sekarang juga!

    CONTACT US
    - Phone : 85570931456
    - PIN BB : 2B48B175
    - SKYPE : VIPQIUQIU99
    - FACEBOOK: VIPQIUQIU99

    BalasHapus